KEAMANAN PANGAN ASAL HEWAN – KEWAJIBAN UTAMA PEMERINTAH

.
Produk hewan terdiri atas pangan asal hewan dan bahan non-pangan asal hewan. Keduanya dapat membawa bibit penyakit dari hewan yang dapat menular kepada manusia (konsumen).
.
Keamanan pangan merupakan hak setiap konsumen. Oleh sebab itu, Pemerintah berkewajiban menjamin keamanan pangan dalam seluruh rantai pangan, „mulai dari pertanian/peternakan hingga meja makan“. Kewajiban ini menjadi tugas pokok dan fungsi utama Pemerintah dari pusat hingga daerah. Dalam hal ini pemerintah melibatkan produsen dan konsumen.
.
Pangan asal hewan merupakan satu-satunya pangan yang dapat membawa bibit penyakit dari hewan asalnya jika hewan asalnya terinfeksi atau sakit. Bibit penyakit tersebut dapat menular ke konsumen jika dikonsumsi. Istilah penyakit hewan yang dapat ditularkan oleh pangan asal hewan dikenal dengan „Foodborne Zoonoses“ atau „Zoonosis Bawaan Pangan“.
.
Penjaminan keamanan pangan asal hewan telah diatur dalam peraturan perundangan, khususnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Pokok-Pokok Peternakan dan Kesehatan Hewan dan UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Perubahan UU No 18 Tahun 2009. Tugas pokok dan fungsi tersebut menjadi ranah Kesehatan Masyarakat Veteriner (KESMAVET).
.
Salah satu penjaminan keamanan pangan asal hewan termasuk produk hewan yang telah dikembangkan Pemerintah adalah Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Dengan penerapan NKV di unit usaha produk hewan, berarti Pemerintah turut serta menjamin produk hewan yang aman, termasuk sehat, utuh, dan halal, seperti yang dituangkan dalam motto „Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).
.
Mengingat pembinaan Kesmavet dilaksanakan di tingkat Kabupaten/Kota maka Dinas yang membidangi Kesmavet Kabupaten/Kota memiliki kewajiban utama mendorong unit usaha produk hewan untuk memperoleh Sertifikasi NKV, selain terus menerus dan selalu membangun kepedulian dan tanggung jawab bersama Produsen dan Konsumen serta Pemangku Kepentingan yang terkait Keamanan Pangan Asal Hewan.
.
Marilah kita menjadi KONSUMEN YANG CERDAS, PEDULI, dan KRITIS dengan memilih dan membeli pangan asal hewan yang telah mendapatkan SERTIFIKAT NKV.
.
#NomorKontrolVeteriner NKV
#HigienePangan
#WorldZoonosesDay6July2019
#KesehatanMasyarakatVeteeiner KESMAVET
#AsosiasiKesehatanMasyarakatVeterinerIndonesia ASKESMAVETI

Sumber : Dr. drh. Denny Widaya Lukman

Tinggalkan Balasan