BUPATI; SELAIN KOMODITI, AYAM PELUNG MERUPAKAN ASET NASIONAL KEBANGGAAN JAWA BARAT

Masih dalam perhelatan Hari Jadi ke-149 Kabupaten Sukabumi, Dinas Peternakan bekerjasama dengan Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) Kab. Sukabumi menggelar kontes ayam pelung Bupati Cup tahun 2019. di Lapang Damkar Gelanggang Cisaat, Sabtu (21/9).

Kontes dibuka secara resmi oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ditandai dengan penyerahan Piala bergilir kepada ketua HIPPAPI Kab. Sukabumi serta memasukan ayam pelung ke kandang sebagai tanda dimulainya kontes tersebut.

Acara yang mengusung tema “Silaturahmi Jadi Peluang Bisnis Bagi Peternak” tersebut diikuti oleh 300 orang peserta se Jabar dengan Kategori yang diperlombakan Suara 1 s/d 20 , Penampilan 1 s/d 3 dan Bobot 1 s/d 3.

Menurut Bupati, Pemerintah Daerah melalui Dinas Peternakan telah berkontribusi secara aktif terhadap event-event yang diselenggarakan oleh asosiasi peternak unggas/ayam.

“Hal ini dilaksanakan untuk terus merangsang para pelaku usaha peternakan agar dapat bersaing dalam usaha sektor peternakan dan meningkatkan kesejahteraannya.”

Selanjutnya H. Marwan Hamami menyampaikan bahwa Ayam Pelung merupakan aset nasional yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa barat berasal dari Kabupaten Sukabumi dan Cianjur.

“Komoditas ayam pelung mempunyai prospek yang cukup baik untuk dikembangkan menjadi Destinasi Agro Wisata sehingga dapat meningkatkan nilai jual untuk peternak.” Jelasnya.

Bupati pun berharap, dengan adanya peternakan yang berkembang di Kabupaten Sukabumi akan memberikan multiplier effect yang dapat mendorong tumbuhnya usaha lain.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi,Camat Cisaat, Pengurus HIPPAPI Jawa Barat, Ketua HIPPAPI, serta para undangan.

Sumber : Facebook Pemerintah Kabupaten Sukabumi

Tinggalkan Balasan