APAKAH DAGING (SAPI, AYAM, BABI), SUSU DAN TELUR AMAN DARI VIRUS COVID-19?

oleh : Dr. drh. Denny Widaya Lukman, M.Si.
.
Seperti kita ketahui bahwa COVID-19 merupakan penyakit pernafasan pada orang dengan cara penularan utama melalui KONTAK ORANG KE ORANG dan melalui KONTAK LANGSUNG dengan DROPLET dari orang yang terinfeksi yang batuk atau bersin yang ada pada permukaan benda.
.
Menurut World Organisation Health (WHO) SANGAT KECIL KEMUNGKINANNYA orang terinfeksi COVID-19 melalui MAKANAN atau KEMASAN MAKANAN.
.
BELUM ADA BUKTI sampai saat ini bahwa VIRUS PENYEBAB PENYAKIT PERNAFASAN DAPAT DITULARKAN melalui MAKANAN atau KEMASAN MAKANAN, termasuk DAGING, TELUR, dan SUSU.
.
Virus Corona TIDAK DAPAT BERKEMBANG atau BERTAMBAH BANYAK DI MAKANAN, karena virus tersebut membutuhkan INDUK SEMANG (host) yang HIDUP untuk berkembang.
.
Sampai saat ini pun BELUM ADA LAPORAN dan BUKTI bahwa HEWAN TERNAK (sapi, kambing, domba, ayam, bebek, dan babi) terinfeksi dan sakit oleh virus COVID-19. Hal ini masih terus dikaji secara ilmiah.
.
TIPS BELANJA, MENANGANI, DAN MEMASAK DAGING DAN TELUR

1. Tetap mempraktikkan protokol kesehatan saat berbelanja.
2. Belilah daging yang dijual di kios resmi, pastikan daging berasal dari Rumah Potong Hewan (ada stempel pada daging) karena proses pemotongan diawasi oleh Dokter Hewan.
3. Usahakan beli daging yang dikemas dan disimpan dingin atau beku.
4. Usahakan membeli Daging Ayam dan Telur dengan kemasan yang terdapat label NKV (Nomor Kontrol Veteriner).
5. Pastikan peralatan masak bersih dan selalu dibersihkan dengan air dan sabun.
6. Masaklah daging dan telur dengan matang.
7. Jika daging dan telur ingin disimpan, masukkan daging dalam kantong plastik atau wadah yang bersih; simpan telur pada kotak telur. Simpanlah di kulkas untuk daging dan telur atau freezer untuk daging.
.
Marilah menjadi KONSUMEN YANG CERDAS DAN KRITIS
.
Sumber: https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/331705/WHO-2019-nCoV-Food_Safety-2020.1-eng.pdf

https://www.inspection.gc.ca/covid-19/information-for-consumers-about-food-safety-and-an/eng/1584648921808/1584648922156
.
#KeamananPangan
#COVID-19
#NomorKontrolVeteriner NKV
#KesehatanMasyarakatVeteriner KESMAVET
#AsosiasiKesehatanMasyarakatVeterinerIndonesia ASKESMAVETI

Tinggalkan Balasan